Sabtu, 01 November 2014

Iran Siap Bangun Kilang Minyak di Indonesia

  • PDF
alt

JAKARTA, PedomanNEWS - Iran siap kerja sama dengan pelaku bisnis Indonesia untuk membangun kilang minyak dan memberi pasokan minyak mentah ke Indonesia.

Wakil Ketua Kadin Komite Iran, Rudi Rajab menjelaskan, melalui perusahaan nasional Iran dan pelaku bisnis dari Tanah Air, realisasi pembangunan kilang minyak dan pasokan minyak mentah akan terjadi di dalam negeri.

"Mereka ada keinginan membangun kilang minyak. Dan melalui mitra Kadin salah satu perusahaan nasional akan kerja sama menyuplai pasokan minyak mentah untuk Indonesia," ujar Rudi dalam Indonesia-Iran Business Forum di Jakarta, Selasa (11/2).

Rudi menambahkan, untuk pasokan minyak mentah sendiri akan dipasok mencapai 20-300 ribu barel per hari (bph). Komitmen ini akan segera diwujudkan dengan melakukan pembahasan komprehensif antar perusahaan kedua negara.

"Mereka komitmen ingin menyuplai pasokan crude oil minimum 20 ribu bph, dan maksimum hingga mencapai 300 ribu bph. Ini salah satu bentuk kerja sama yang akan direalisasikan dalam waktu dekat," terangnya.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, pasokan minyak yang disuplai oleh Iran merupakan jenis high heavy oil atau minyak berat. Tahap awal kerja sama yang dilakukan adalah perjanjian feed stock crude oil antara masing-masing perusahaan.

‎Sunandar

Berita Lainnya