Rabu, 22 Oktober 2014

SKMIGAS Setujui POD Dua Lapangan PHE ONWJ

  • PDF

JAKARTA, PedomanNEWS – Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKMIGAS) Jero Wacik telah menyetujui dua Plan of Development (POD) yang diajukan Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk Lapangan FSB dan Lapangan YY yang berada di area kerja Blok Offshore North West Java (ONWJ). 

Presiden Direktur PHE, Salis S Aprilian mengatakan, persetujuan POD untuk dua lapangan tersebut disetujui Kepala SKMIGAS pada Selasa (18/12). Sebelumnya, permohonan persetujuan POD kedua lapangan ini dikirimkan ke BPMIGAS tanggal 31 Oktober 2012.

Vice President Executive/GM PHE ONWJ, Jonly Sinulingga menambahkan, untuk Lapangan YY sebagai sumur eksplorasi menjadi POD pertama yang disetujui sejak PHE menjadi operator di blok ONWJ. Sedangkan untuk development selain FSB, sebelumnya BPMIGAS/SKMIGAS sudah ada persetujuan POD lapangan APNE/F, UL dan GG. "Prosesnya pun relatif lebih cepat", imbuhnya.

Untuk diketahui, Wilayah Kontrak Produksi (WKP) ONWJ terletak di Laut Jawa dengan luas area sekitar 8.300 km2 mulai dari sebelah utara Cirebon sampai dengan Kepulauan Seribu. ONWJ dimiliki oleh beberapa partner dengan komposisi saham diantaranya, PT. PHE ONWJ 58,275 persen (setelah membeli PI Talisman 5,025 persen bulan yang lalu), EMP ONWJ Ltd., 36,7205 persen, Energy ONWJ B.V., 5 persen.

POD Lapangan FSB

Lapangan FSB merupakan bagian dari ONWJ yang diharapkan dapat memberikan tambahan produksi sebesar 2.250 BOPD dan 2,22 MMSCFD (2,44 BBTUD). PHE ONWJ berkomitmen untuk melakukan Pengembangan Lapangan FSB untuk mempercepat monetisasi cadangan minyak dan gas di komplek Foxtrot yang sekarang ini masih berproduksi sebesar 4.000 BOPD dan 2 MMSCFD.

Lapangan FSB terletak di bagian selatan Lapangan Foxtrot, yang berjarak sekitar 3,7 km di utara Lapangan FSA dan 5,7 km di selatan Lapangan FFB.

Pengembangan Lapangan FSB meliputi pemasangan 1 (satu) anjungan kaki satu (monopod), pemasangan 10” pipa 3 (tiga) fasa ke anjungan FFB dan pemboran 2 (dua) sumur pengembangan, diharapkan akan memberikan cadangan sebesar 4,1 MMBO dan 4,6 BCF dengan mulai berproduksi pada bulan Q3 2015.

Total biaya proyek ini diperkirakan sebesar 67,2 juta USD untuk pemasangan pipa dan konstruksi anjungan, serta untuk pemboran 2 (dua) sumur pengembangan.

POD Lapangan YY

Lapangan YY merupakan bagian dari ONWJ yang diharapkan dapat memberikan tambahan produksi sebesar 4.065 BOPD dan 25,5 MMSCFD (28,1 BBTUD). Kesuksesan pemboran sumur eksplorasi YY-4 yang telah dilakukan pada bulan September 2011 mendasari PHE ONWJ untuk mengembangkan struktur YY.

Pengembangan Lapangan YY meliputi pembangunan (1) satu anjungan kaki tiga, pemasangan 12” pipa (tiga) fasa ke anjungan KLB sejauh 13,5 km, recompletion untuk 1 (satu) sumur eksplorasi YY-4 dan pemboran 2 (dua) sumur pengembangan. Lapangan YY diharapkan akan memberikan cadangan sebesar 4,0 MMBO dan 21,2 BCF (Net) atau 23,3 TBTU (sales) dengan mulai berproduksi pada bulan Juli 2015.

Total biaya proyek Pengembangan Lapangan YY diperkirakan sebesar 108,5 juta USD, untuk pemasangan pipa dan konstruksi anjungan, serta untuk recompletion 1 (satu) sumur eksplorasi dan pemboran 2 (dua) sumur pengembangan. 

Sunandar

Berita Lainnya