Minggu, 31 Agustus 2014

Indonesia-Rumania Tingkatkan Hubungan Bilateral

  • PDF
alt

BUCHAREST, PedomanNEWS – Sejak dibukanya hubungan diplomatic Indonesia-Rumania sejak tahun 1950 perkembangan kedua negara semakin meningkat.

Untuk menjaga hubungan tersebut Delegasi Indonesia yang dipimpin Direktur Jenderal Amerika dan Eropa bertemu dengan Dirjen Global Affairs, Kementerian Luar Negeri Rumania, Carmen-Liliana Burlacu yang didampingi Aurelian Neagu, selaku Direktur Divisi Asia Pasific.

Sebagaimana diinformasikan Sherly Ponti Windarfi kepada PedomanNEWS melalui email mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat bahwa secara umum hubungan bilateral RI-Romania telah berlangsung dengan baik, yang antara lain ditandai oleh pertukaran pejabat tinggi dan kerja sama saling dukung pencalonan di berbagai forum internasional.

Dengan bergabungnya Romania ke dalam Uni Eropa, Burlacu juga mengharapkan agar Indonesia dapat memanfaatkan Romania sebagai entry point pasar Uni Eropa bagi produk-produk unggulan Indonesia.

Sedangkan Dirjen Amerop, Dubes Dian Triansyah Djani, mengharapkan agar Romania dapat menjadikan Indonesia sebagai pintu gerbang pemasaran produk Romania ke kawasan ASEAN, khususnya menghadapi ASEAN Economic Community tahun 2015 yang akan menjadikan pasar ASEAN semakin menarik dengan kurang lebih 600 juta konsumen.

Dubes Marianna Sutadi, Dubes RI untuk Romania menekankan pentingnya peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Romania melihat potensi perdagangan, investasi, dan pariwisata yang dimiliki oleh kedua negara. Ditambahkan juga mengenai pentingnya peningkatan kontak antar masyarakat melalui kerja sama pertukaran pelajar dan penjajakan kerja sama antar universitas.

Selain itu juga diusulkan untuk peningkatan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan mengingat Romania memiliki pengalaman dalam pelestarian budaya. Disamping membahas isu-isu bilateral, kedua pihak juga telah memanfaatkan pertemuan tersebut untuk membahas Perjanjian Bebas Visa untuk paspor Diplomatik dan Dinas RI-Romania yang diharapkan dapat menfasililtasi pertukaran kunjungan pejabat kedua negara dan pada akhirnya mendorong investasi dan perdagangan.

Sebagai informasi, Romania merupakan negara berpenduduk 21,3 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 169,4 milyar. Dalam periode 2008-2013 trend perdagangan bilateral RI-Romania menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 25,81%.

Volume perdagangan bilateral pada tahun 2012 tercatat sebesar USD 172,67 juta yang terdiri dari ekspor Indonesia sebesar USD 106,41 juta dan impornya sebesar USD 66,25 juta.

Rhesa Ivan Lorca

Berita Lainnya